ShoutMix chat widget

Senin, 28 Desember 2009

THE TYPE OF THE SOCIAL AGENCY (Tipe Lembaga Kemasyarakatan)

          Lembaga kemasyarakatan merupakan terjemahan langsung dari istilah sosial-institution. Akan tetapi hingga saat ini, belum ada kata/ pernyataan sepakat mengenai pengertian lembaga kemasyarakatan dalam istilah Indonesia, yang dengan tepat dapat menggambarkan isi sosial- institution tersebut. Ada yang menggunakan istilah pranata - sosial, tetapi sosial-institution ini lebih cenderung menunjuk pada adanya unsur-unsur yang mengatur perilaku-perilaku masyarakat. Koentjaraningrat mengatakan pranata – sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada ativitas-aktivitas untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat. Definisi ini menekankan pada sistem tata kelakuan atau norma – norma untuk memenuhi kebutuhan.

          Istilah lain yang diusulkan adalah bangun  – sosial yang mungkin terjemahan dari istilah soziale – Gebilde (bahasa Jerman), yang lebih jelas menggambarkan bentuk dan susunan sosial- institution tersebut. Tepat tidaknya istilah-istilah tersebut, penulis tidak akan mempermasalahkannya terlebih definisi tersebut bersumber dari literatur yang dapat dipertangungjawabkan. Dalam makalah ini, akan digunakan istilah Lembaga Kemasyarakatan, karena pengertian suatu lembaga lebih menunjuk pada sesuatu bentuk, sekaligus juga mengandung pengertian yang abstrak, perihal adanya norma-norma dan peraturan-peraturan tertentu yang menjadi ciri lembaga tersebut. Namun di samping itu, kadang-kadang juga dipakai dengan istilah lembaga sosial.

          Tipe-tipe lembaga kemasyarakatan, dapat diklasifikasikan dari berbagai sudut. Lembaga kemasyarakatan dapat dikategorikan dalam lima bagian yang dalam setiap bagiannya masih akan diklasifikasikan lagi. Ada beberapa hal yang merupakan gambaran umum dari tipe-tipe tersebut, sebagai berikut :

1) Lembaga kemasyaratan berdasarkan dari sudut perkembangannya

2) Lembaga kemasyaratan berdasarkan sistem nilai yang diterima masyarakat

3) Lembaga kemasyarakatan berdasarkan dari sudut penerimaan masyarakat

4) Lembaga kemasyaratan berdasarkan dari faktor penyebarannya

5) Lembaga kemasyaratan berdasarkan dari sudut fungsinya

          Klasifikasi lembaga masyarakat tersebut, menunjukkan bahwa di dalam setiap masyarakat dijumpai bermacam-macam lembaga kemasyarakatan. Setiap masyarakat mempunyai sistem nilai berbeda yang menentukan lembaga kemasyarakatan manakah yang dianggap sebagai pusat dan kemudian dianggap berada di atas lembaga-lembaga kemasyarakatan lainnya.

DAFTAR PUSTAKA

Gumilar, Gumgum, S.Sos., M.Si.___. BAB VIII Lembaga Kemasyarakatan (Lembaga Sosial).

Soekanto, Soerjono. (1990). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

selengkapnya <DOWNLOAD>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

please ^_^ give your respon